-->
close
close

kirikanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

no-style

Iklan

Kompol Chalid Thayib: Warga di Cikarang Selatan Siap Selalu Menjaga Semangat Gotong-Royong, Kekeluargaan Dan Musyawarah

Minggu, 19 Maret 2023, Maret 19, 2023 WIB Last Updated 2023-03-19T10:41:11Z
AESENNEWS.COM - Cikarang - Parameter tingkat partisipasi masyarakat di lingkungan wilayah kecamatan terhadap pembangunan rumah ibadah dapat ditanyakan langsung pada Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Chalid Thayib.

Di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, Jawa Barat yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sangat kentara nilai-nilai partisipasi dari butir-butir pengamalan Sila Pertama dan dari Sila Keempat dari Pancasila. 

Saat kedatangan Komunitas Cinta Polri (KCP) di Mapolsek Cikarang Selatan, Rabu (15/3) pagi terasa butir-butir Pancasila yang diajarkan di Lemhannas terlihat dari dialog antara Ketua RW Cahyono dengan Kapolsek Kompol Chalid Thayib yang mana kami ikut berada dalam ruangan Kapolsek tersebut. 

Suasana musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat gotong royong, kekeluargaan  terlihat saat bagaimana gambaran Ketua RW Cahyono menyampaikan dan musyawarah dalam setiap aktivitas renovasi mushola atau mesjid di lingkungan RW yang dipimpinnya.

"Prinsip saling menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil
musyawarah," pesan penting  Kapolsek Kompol. Chalid kepada tamunya ini. 

Menurut Kompol. Chalid dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan
melaksanakan hasil keputusan musyawarah di tengah warga adalah menjadi landasan aktivitas sosial membangun rumah ibadah. 

"Kita semua tahu dalam musyawarah diutamakan
kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Tidak boleh karena ia punya uang banyak, maka ia ingin menanggung semua biaya pembuatan mesjid. Berikan kesempatan warga lain untuk berpartisipasi," lanjut Kapolsek.

"Boleh saja semua orang diberi kesempatan untuk berlomba meraih surga dengan jalan beramal sesuai kemampuan pribadi masing-masing. Tapi, tidak ada yang boleh memonopoli dalam beramal membangun mesjid. Jadi, kudu beri kesempatan yang lain beramal," kata Kapolsek Kompol Chalid dengan nada humoris.

Menurut pengamat Sekjen Komunitas Cinta Polri (KCP) Suta Widhya SH profile seorang pimpinan bisa terlihat dari bagaimana cara me - _manage_ dan menggerakan serta mengarahkan personilnya terhadap lingkungan kerja di wilayah areal kerja setempat. 

Tipikal kepemimpinan Kompol Chalid secara langsung berdampak pada pelayanan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Demikian halnya terhadap pengamalan butir butir pancasila khususnya Sila Pertama dan Keempat. 

Menyadari areal kerja dari Polsek di Kecamatan Cikarang Selatan dengan populasi warga mayoritas beragama islam yang kuat, maka diperlukan gaya strategis dalam ikut serta kontribusi dalam pembangunan masjid di Wilayah Kecamatan Cikarang Selatan pun kudu dimusyawarahkan. 

Berbagai aktivitas sosial utama langsung yang dirasakan oleh masyarakat terhadap gaya kepemimpinan Kapolsek Cikarang Selatan, yaitu sering ikut sholat berjamaah di lingkungan masjid sekitar wilayah cikarang Selatan. Ia pun punya konsep bagaimana merancang strategi penggalangan dana pada saat ada pembangunan masjid di wilayah setempat, misalnya. 19-03-2023(Almaning)
Komentar

Tampilkan

  • Kompol Chalid Thayib: Warga di Cikarang Selatan Siap Selalu Menjaga Semangat Gotong-Royong, Kekeluargaan Dan Musyawarah
  • 0

Terkini

Topik Populer

Mtultiplek

Close x